Wednesday, September 28, 2016

Beef Bulgogi

10:44:00 PM
Beef Bulgogi

Ada yang masih punya simpanan daging kurbankah? He he. Minggu lalu saya masih punya sedikit daging karena memang tidak semua diolah jadi rendang. Mau diolah jadi rendang lagikah? Hwa... Kelamaan masaknya, apalagi dagingnya juga nggak banyak. Buat jadi masakan Korea ala ala aja deh, yaitu Beef Bulgogi. Cocok deh kalau masih punya sedikit daging di rumah. Untuk membuatnya tidak sulit dan tidak butuh waktu lama.

Ayam Wortel Krispi

5:52:00 AM
Ayam Wortel Krispi

Siapa yang anaknya suka makan ayam yang kriuk-kriuk? Rayyaan paling suka tuh. Tapi saya prefer ayam yang digoreng sendiri sih daripada ayam kriuk yang beli jadi. Biasanya di fast food resto ayamnya terlalu asin. Selain itu Rayyaan malah cuma makan kriuknya aja, daging ayamnya malah nggak dimakan. Jadi lebih baik Mamanya masak sendiri aja deh, lebih irit dan lebih sehat. Di resep ini ada penambahan bahan spesial yang bikin ayamnya tambah kriuk-kriuk.

Tuesday, September 27, 2016

Sempol Ayam Goreng

5:00:00 AM
Sempol Ayam Goreng

Masih dengan resep yang sama nih. Ternyata sempol ayam based on resepnya Mbak Rahma Wati bisa dijadikan frozen food. Dari resep hasil modifikasi yaitu Sempol Ayam Wortel Saus Nanas dihasilkan sekitar 55 tusuk sempol. Sebagian saya simpan di freezer. Saat ingin dimakan tinggal saya rebus lagi sebentar dan saya goreng.

Monday, September 26, 2016

Mie Ayam

11:14:00 PM
Mie Ayam

Siapa suka Mie Ayam? Saya suka! Saya suka! Tapi kalau beli mie ayam kadang suka merasa ayamnya terlalu asin atau mie plus kuahnya terlalu terasa penyedapnya. Pas makan sih enak, sesudahnya langsung ada rasa penyesalan yang datang terlambat hi hi. Ya semacam merasa kurang natural aja sih rasa mienya dan aksesorisnya. Nah kalau membuat sendiri kita jadi bisa lebih mengontrol seberapa banyak garam atau penyedap yang ingin ditambahkan. Mari kita pratikkan Resep Mie Ayam ini:

Sunday, September 25, 2016

Sempol Ayam Wortel Saus Nanas

2:45:00 AM
Sempol Ayam Wortel Saus Nanas

Hmm mau buat sesuatu untuk bekal si Papa tapi yang bisa dijadikan frozen food juga, apa ya? Cobain resep sempol ayam dari Mbak Rahma Wati ah. Kok lucu banget, pakai tusuk sate segala he he. Awalnya saya ingin menggunakan daging ayam yang sudah digiling, baru dihaluskan lagi dengan blender bumbu. Tapi ternyata belum jodoh dengan si daging giling. Pergi ke supermarket ternyata daging gilingnya habis. Yowes pakai daging tanpa tulang saja. Ternyata bisa juga dihaluskan dengan blender bumbu dengan bantuan sedikit air es. Simak Resep Sempol Ayam Wortel Saus Nanas yuk!

Saturday, September 24, 2016

Martabak Tekuk (Martabak Lenggang) Tanpa Mixer atau Blender

8:29:00 AM
Martabak Tekuk (Martabak Lenggang) Tanpa Mixer atau Blender.

Beberapa waktu lalu ada martabak yang lagi ngehits di grup masak, namanya Martabak Lenggang alias Martabak Tekuk resepnya Mbak Shenny Suzanna. Jadi tertarik pengen nyobain juga. Sudah lama sih nyobainnya, tepatnya tanggal 22 Agustus lalu he he. Ceritanya malam-malam tiba-tiba pengen martabak. Pak suami sudah siap-siap ma beli, tapi saya bilang bikin martabak sendiri aja deh, nyobain resep baru. Dari satu Resep Martabak Tekuk (Martabak Lenggang) Tanpa Mixer atau Blender ini ternyata dihasilkan 12 buah martabak. Sebagian ludes dan dihangatkan lagi besok paginya untuk sarapan he he.

Friday, September 23, 2016

Tempe Mendoan

5:00:00 AM
Tempe Mendoan

Siapa yang nggak suka tempe? Makanan ini bisa dibilang wajib ada setiap hari di rumah. Akungnya Rayyaan tuh ya, Idul Fitri hari kedua aja sudah nanyain tempe, bosan sama ayam atau daging he he. Tempe ini biasanya dijadikan oseng-oseng, digoreng biasa, atau digoreng tepung. Pernah mendengar tentang Tempe Mendoan? Pasti pernah dong ya. Pada dasarnya tempe mendoan adalah tempe goreng tepung. Di daerah Purwokerto tempe mendoan digoreng hanya setengah kering. Jadi tepungnya masih putih dan tidak kering krispi. Tapi di daerah lain ada yang tempe mendoannya lebih garing. Ya seperti tempe goreng yang dijual abang-abang di pinggir jalan. Yang lebih sering dimasak di rumah adalah yang versi lebih kering atau krispi namun Resep Tempe Mendoan baik yang lembek maupun kering sama saja.

Wednesday, September 21, 2016

Oseng-Oseng Tahu Tauge

5:00:00 AM
Oseng-Oseng Tahu Tauge

Mendekati akhir bulan (soalnya ini menu akhir bulan kemarin) biasanya menu makan beralih ke 3T: telur, tahu, tempe hi hi. Demi penghematan yaaa. Tapi ketiga makanan itu kan bisa dikreasikan jadi berbagai menu, nggak hanya digoreng saja. Misalnya nih si tahu ini bisa dikombinasikan dengan T yang lainnya, yaitu tauge. Hemat, enak, dan mudah membuatnya.

Monday, September 19, 2016

Nasi Goreng Jawa Plus Bakso Ikan

5:00:00 AM
Nasi Goreng Jawa Plus Bakso Ikan

Menu sarapan apa yang mudah dan paling sering dibuat? Ya nasi goreng he he. Biasanya bumbu nasi goreng yang saya buat hanya cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, serta sedikit merica plus kecap manis tentunya. Tapi beberapa waktu lalu pengen nyobain resep nasi goreng yang beda. Akhirnya saya coba deh resep nasi goreng Jawa. Karena di rumah ada beberapa butir bakso ikan, ya akhirnya jadi Nasi Goreng Jawa Plus Bakso Ikan he he.

Saturday, September 17, 2016

Tumis Jagung Manis, Wortel, dan Buncis

5:00:00 AM
Tumis Jagung Manis, Wortel, dan Buncis

Selain Ayam Krispi, yang saya siapkan untuk bekal ke Slanik Waterpark adalah Tumis Jagung Manis, Wortel, dan Buncis. Saya juga suka nih tumisan ini soalnya terdiri atas tiga warna: kuning, oranye, dan hijau. Segerrrrr. Rasanya buat saya juga istimewa karena ada jagung manisnya. Supaya paginya nggak terlalu buru-buru, dari malam jagungnya sudah saya pipil dan buncis serta wortelnya sudah dipotong-potong dan saya rebus sebentar. Tapi kalau nggak mau direbus malam harinya, sayurannya jangan dicuci dulu ya. Besok paginya saja saat mau direbus baru dicuci.

Thursday, September 15, 2016

Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam

3:04:00 AM
Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam

Salah satu menu yang saya buat untuk bekal jalan-jalan ke Slanik Waterpark nih. Soalnya mana tau makanan yang dijual di sana nggak cocok dengan selera Rayyaan. Biasanya sih di tempat seperti ini nggak boleh membawa masuk makanan ya. Tapi bekalnya memang mau dimakan di dalam mobil aja sebelum pulang he he. Kalau ayam goreng kan Rayyaan suka banget apalagi yang ada kriuk-kriuknya.

Tuesday, September 13, 2016

Tumis Jagung Muda, Buncis, dan Wortel

5:00:00 AM
Tumis Jagung Muda, Buncis, dan Wortel

Masih dalam rangka ngisi kotak bekalnya suami nih. Kalau ditumisin bok choy terus kasian ya ha ha. Coba intip-intip di kulkas ada apaan. Ternyata ada jagung muda, wortel, dan buncis. Yowes kita masak aja semua sekalian. Untuk membuat tumisan ini sih bumbunya nggak ribet ya. Nggak ada yang perlu diulek-ulek. Tapi perlu waktu untuk mengiris dan memotong sayurannya terutama wortel. Saran saya sih kalau pagi-pagi suka hectic lebih baik malamnya disempatkan sebentar untuk mengiris dan memotong sayurannya. Simpan di dalam kulkas tanpa dicuci dulu. Besok paginya sebelum digunakan baru deh dicuci lalu digunakan untuk membuat Tumis Jagung Muda, Buncis, dan Wortel ini.

Sunday, September 11, 2016

Korean Ramyun

12:22:00 AM
Korean Ramyun

Beberapa waktu lalu sempat heboh soal mie Korea atau Korean ramyun kemasan ya? Daripada mau makan tapi ragu, buat sendiri yuk ramyun ala-ala Korea. Resep ini pernah saya buat sebelumnya berdasarkan modifikasi resep Korean Ramyun di blog JTT. Tapi kali ini saya buat versi yang tidak pedas. Mau versi yang lebih pedas? Bisa, sekalian saya share Resep Gochujang atau pasta cabai Korea ala ala juga he he.

Friday, September 9, 2016

Soto Betawi

5:00:00 AM
Soto Betawi

Sebentar lagi Idul Adha nih. Mau buat menu apa ya? Cobain Resep Soto Betawi yuk! Soto ini kesukaan Akungnya Rayyaan. Awalnya dulu pernah nyobain beli soto Betawi terdekat eh ternyata enak. Jadi saya mau belajar bagaimana cara memasak soto Betawi. Kalau dulu seporsi harganya Rp 18.000 sekarang ntah berapa harganya. Ya wajarlah ya, daging sapinya kan mahal. Kalau membuat sendiri kan jadinya lebih banyak. Selain itu kita juga bisa memastikan daging yang dipakai bukan daging yang alot. Soalnya pernah juga nih mencicipi soto Betawi di warung lain, kuahnya sedap tapi dagingnya nggak ketelan. Jadi ya dikunyah-kunyah gitu aja deh. Nah siapa tau nih di hari Idul Adha nanti dapat kiriman dari panitia (eh yang berkurban kan boleh makan juga daging kurbannya he he), masak soto Betawi yuk!

Wednesday, September 7, 2016

Tahu Krispi

5:00:00 AM
Tahu Krispi
Lauk sekaligus cemilan yang saya buat akhir bulan kemarin nih. Bahannya murah meriah tapi enak yaitu Tahu Krispi. Dulu sering beli tahu krispi dengan taburan macam-macam bumbu. Enak tapi ya gitu deh, kalau kebanyakan makannya tenggorokan jadi sakit. Dengan berkreasi sendiri sebenarnya kita sudah bisa dapat tahu krispi yang gurih tanpa taburan bumbu dan aman juga dimakan anak-anak. Yuk simak Resep Tahu Krispi.

Monday, September 5, 2016

Tumis Bok Choy dan Tomat Merah

5:00:00 AM
Tumis Bok Choy dan Tomat Merah

Alhamdulillah sudah postingan ketiga di blog yang baru ini. Sebenarnya sudah lama kangen mau menulis di blog masak-memasak lagi. Dulu pernah punya blog serupa di www.clumsyliciouskitchen.wordpress.com tapi sudah lama tidak diupdate. Karena dua blog lainnya saya buat di blogspot akhirnya blog cerita masak sehari-hari ini saya buat di blogspot juga. Supaya ngeblognya lebih semangat sekalian deh beli juga domainnya dan jadilah www.dapurimut.com ini. Kenapa sih diubah namanya pakai dapur imut? Ya karena saya pernah punya dapur yang imut-imut saat mengontrak di Manado dulu. Dapurnya Eyang sih lumayan lega. Tapi insyaa Allah dalam waktu dekat bakal pindah lagi ke dapur yang ukurannya imut-imut he he. 

Saturday, September 3, 2016

Telur Bumbu Rujak

9:50:00 AM
Telur Bumbu Rujak

Bahan makanan yang biasanya pasti ada di dapur itu adalah telur. Selain digunakan untuk membuat kue dan cake telur juga dijadikan lauk. Yang paling mudah sih dijadikan telur rebus, telur ceplok, telur dadar, atau omelet. Apalagi kalau sedang terburu-buru masaknya he he. Kadang telur juga dimasak dengan sambal goreng atau diceplok dan dimasak dengan kecap dan cabai rawit. Sebagai alternatif cobain resep Telur Bumbu Rujak yuk.

Thursday, September 1, 2016

Bumbu Pecel Siap Pakai Seenak Bumbu Ulek

1:46:00 PM
Bumbu Pecel Siap Pakai Seenak Bumbu Ulek

Ada yang suka makan pecel? Bagi saya makan pecel itu solusi enak makan sayuran rebus. Soalnya kalau hanya makan sayuran rebusnya saja masih sering merasakan bau dan rasa langu di lidah. Dulu Eyangnya Rayyaan sering membuat pecel sendiri. Jadi bumbu kacangnya benar-benar diulek dulu sebelum disajikan dengan sayuran dan kerupuk. 

Mengulek bumbu pecel memang lebih terjamin kebersihannya dibanding membeli pecel ulek di luar. Bukan berarti semua pedagang pecel nggak memperhatikan kebersihan alat-alat dan bahan makanannya ya. Tapi memang ibu saya dan beberapa temannya pernah terkena gangguan pencernaan setelah sehari sebelumnya jajan pecel ulek di sebuah warung. Tapi kalau tiap mau makan harus ngulek bumbu dulu pegel juga ya he he. Apalagi saya tipe orang yang nggak betah ngulek. Sementara kalau beli bumbu pecel siap pakai di luar seringkali rasanya nggak cocok di lidah. Ada sih yang cocok, tapi eh kok harganya makin mahal aja. Bagaimana kalau nyobain resep bumbu pecel siap pakai?