Thursday, September 1, 2016

Bumbu Pecel Siap Pakai Seenak Bumbu Ulek

Bumbu Pecel Siap Pakai Seenak Bumbu Ulek

Ada yang suka makan pecel? Bagi saya makan pecel itu solusi enak makan sayuran rebus. Soalnya kalau hanya makan sayuran rebusnya saja masih sering merasakan bau dan rasa langu di lidah. Dulu Eyangnya Rayyaan sering membuat pecel sendiri. Jadi bumbu kacangnya benar-benar diulek dulu sebelum disajikan dengan sayuran dan kerupuk. 

Mengulek bumbu pecel memang lebih terjamin kebersihannya dibanding membeli pecel ulek di luar. Bukan berarti semua pedagang pecel nggak memperhatikan kebersihan alat-alat dan bahan makanannya ya. Tapi memang ibu saya dan beberapa temannya pernah terkena gangguan pencernaan setelah sehari sebelumnya jajan pecel ulek di sebuah warung. Tapi kalau tiap mau makan harus ngulek bumbu dulu pegel juga ya he he. Apalagi saya tipe orang yang nggak betah ngulek. Sementara kalau beli bumbu pecel siap pakai di luar seringkali rasanya nggak cocok di lidah. Ada sih yang cocok, tapi eh kok harganya makin mahal aja. Bagaimana kalau nyobain resep bumbu pecel siap pakai?



Bahan:

1. 750 gram kacang tanah.
2. 100 gram cabai merah, dipotong.
3. 20 buah cabai rawit.
4. 10 siung bawang putih, diiris.
5. 80 gram kencur, diiris.
6. 8 lembar daun jeruk.
7. 350 gram gula merah, disisir.
8. 1 bungkus asam Jawa.
9. 3 sdm peres garam halus.

Baca: Resep Sempol Ayam Wortel Saus Nanas.





1. Cuci kacang tanah, tiriskan hingga air tuntas, lalu digoreng hingga matang.
2. Goreng cabai merah, cabai rawit, kencur, daun bawang, dan bawang putih hingga layu.
3. Campur asam Jawa dengan sedikit air, airnya akan digunakan untuk membantu menghaluskan bahan-bahan.
3. Blender kacang tanah hingga halus dengan bantuan sedikit air asam Jawa, sisihkan.
4. Blender bumbu hingga halus dengan bantuan sedikit air asam Jawa, sisihkan.
5. Campur kacang tanah, bumbu halus, garam halus, dan gula merah yang sudah disisir, aduk rata.
6. Simpan bumbu pecel instan dalam wadah plastik tertutup.
7. Bumbu pecel ini kami simpan di dalam kulkas dan bisa tahan selama 1-2 minggu tergantung pemakaian.
8. Dari resep ini dihasilkan 1,2 kg bumbu pecel instan yang siap pakai kapan saja dan rasanya sama seperti bumbu pecel ulek buatan Eyangnya Rayyaan.






Baca: Resep Tempe Mendoan.

Bagi yang suka pedas, jumlah cabai merah dan cabai rawitnya bisa disesuaikan. Saya dan ibu saya sih nggak pernah sengaja mengetes ya Bumbu Pecel Siap Pakai Seenak Bumbu Ulek ini tahan maksimal sampai berapa hari. Soalnya biasanya satu wadah bumbu pecel itu seminggu juga sudah habis. Bumbu ini memang praktis sekali sih. Kalau terburu-buru dan hanya bisa masak sesuatu yang simpel, tinggal potong dan rebus beberapa jenis sayuran lalu ambil beberapa sendok makan bumbu pecel dan diencerkan dengan air. Selain digunakan untuk membuat pecel, bumbu ini juga bisa digunakan untuk membuat ketoprak atau gado-gado. Buat pecinta pecel, cobain ya resep bumbu pecel siap pakainya.


15 comments:

  1. Uhuuuy pecel juga favoritku mbak :9
    Kalau dulu, mama paling rajin bikin sambel pecel sendiri, distok ada sekilo gitu di rumah. Eh pas aku kuliah di bandung, mama udah g nyetok lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngabisin stok bumbu pecelnya lagi ngekos sih ya, jadi si Mama nggak bikin stok bumbu hehe.

      Delete
  2. aku masih suka diuleg Mbak, pegel pegel de, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mau makan ngulek, mau makan ngulek cape banget Mbak. Apalagi sekali bikin buat 4-5 porsi hihi. Saya bye bye klo mesti ngulek bnyk2 mending ngerjain yg lain hehe.

      Delete
  3. bikin bumbu pecel sendiri memang rasanya pasti jauh lebih enak dari pada yang tinggal beli ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak. Jarang ada yg cocok di lidah saya. Ada yg cukup enak tapi 250gr harganya skrg sdh 17.500. Sekali2 si boleh juga tp kalau mau stok banyak ya lebih irit bikin hehe

      Delete
  4. Yaampun Mama Rayyan rajin banget bikin blog lagi, uwuwuwuww >.<
    Kamu keren banget sih Mba :*
    Aku kalo bumbu pecel males banget bikin. Doh. Tapi liat ini so yummi, jadi pengen nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen bikin blog masak Mbaa. Pernah punya di wordpress tapi dah lama ga update huuhuu. Akhirnya bikin baru lagi deh di blogspot biar gampang ngurusinnya. Kan ngiler juga gara2 liat blog masak2nya dapurotun, fotomu keceh keceh #luvluv

      Delete
  5. Fotonya kece-kece mbak, padahal cuma foto bumbu pecel doank..

    Aku juga suka bumbu pecel homemade, lebih gurih rasanya.. tapi aku pemalas tingkat akut.. jadi mending beli nasi pecel sekalian, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh beli juga enak. Yang penting si tempat belinya kebersihan terjaga. So far beberapa x beli pecel aman si. Tapi ibuku n tmn2nya pernah sakit perut abis pesan pecel + lontong di warung dekat kantornya huhu

      Delete
  6. Uh manja banget, kangen pecel bikinan emak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pecel dibikinin Emak emang lebih sip Mas hehe

      Delete
  7. Mantep neh mba bumbu pecelnya, perlu dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Mbak, praktis di saat-saat kritis alias cuma punya waktu mepet untuk nyiapin makanan he he

      Delete
  8. Lebih sedap buatan sendiri ya. Aku dulu pernah nyobain bumbu pecel yang udah jadi dan tumben enak banget tapi lupa merk apa soalnya dapat oleh-oleh :(

    ReplyDelete