Wednesday, September 28, 2016

Ayam Wortel Krispi

Ayam Wortel Krispi

Siapa yang anaknya suka makan ayam yang kriuk-kriuk? Rayyaan paling suka tuh. Tapi saya prefer ayam yang digoreng sendiri sih daripada ayam kriuk yang beli jadi. Biasanya di fast food resto ayamnya terlalu asin. Selain itu Rayyaan malah cuma makan kriuknya aja, daging ayamnya malah nggak dimakan. Jadi lebih baik Mamanya masak sendiri aja deh, lebih irit dan lebih sehat. Di resep ini ada penambahan bahan spesial yang bikin ayamnya tambah kriuk-kriuk.


Bahan:

1. 250 gram daging ayam tanpa tulang, iris selebar kira-kira 0,75 cm.
2. 75 gram tepung terigu.
3. 75 gram oatmeal.
3. 2 sdt garam halus.
4. 1/2 sdt merica bubuk.
5. 1/2 sdt ketumbar bubuk.
6. 1 sdt gula pasir.
7. 1 butir telur dikocok lepas.
8. 100 gram wortel diparut.
9. 1/4 sdt baking powder.
10. Minyak untuk menggoreng.

Baca: Resep Sempol Ayam Goreng.



Baca: Resep Mie Ayam.

Cara membuat:

1. Campur tepung terigu, oatmeal, garam halus, merica bubuk, ketumbar bubuk, gula pasir, dan baking powder, aduk rata.
2. Campur telur dengan parutan wortel.
3. Gulingkan irisan ayam ke dalam campuran terigu.
4. Celupkan pada kocokan telur.
5. Gulingkan kembali ke dalam campuran terigu sambil agak ditekan.
6. Lakukan langkah 3 sampai 5 hingga semua daging ayam terbalut telur dan tepung.
7. Jika masih ada sisa campuran tepung, balurkan lagi ke irisan daging ayam.
8. Diamkan selama 5 menit.
9. Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang kecoklatan.
10. Angkat dan tiriskan, Ayam Wortel Krispi siap disajikan.

Baca: Resep Martabak Tekuk (Martabak Lenggang) Tanpa Mixer atau Blender.


Yang membuat ayam ini tambah kriuk adalah penambahan oatmealnya. Selain lebih kriuk, ayamnya jadi lebih keriting. Wortel parut saya tambahkan sebagai modifikasi saja. Usaha buat nyelipin sayuran he he.


6 comments:

  1. paket oatmeal juga ya? blm pernah nyoba

    ReplyDelete
  2. Wajib dicoba. Udah sehat, enak pula. Nyammmyyyy.. makasih resepnya ya, Mbak.. 😊

    ReplyDelete
  3. Ini buat suami aku yg ngga suka sayur nih hehe.. lucu yaa si kakak doyan maem ayam kriuknyaa. Makasih resepnya mba. Salam kenal yaa ^^

    ReplyDelete
  4. Cobain ah, jangankan anak saya,saya aja kabita :D

    ReplyDelete
  5. duuh.. bacanya aja bikin ngiler.. :D

    ReplyDelete
  6. Mba klo ga pake otameal bisa ga?ga ada stock euy hahaha pengen coba ntar malem

    ReplyDelete