Sunday, October 30, 2016

Kue Bugis (Resep & Cara Membungkus)

7:32:00 AM
Kue Bugis (Resep & Cara Membungkus)

Kurang lebih dua minggu lalu saya dan beberapa teman dari grup masak-memasak ngumpul untuk nyobain beberapa resep termasuk Resep Kue Bugis. Seperti biasa hasilnya dibagi rata dan dibawa pulang. Eh tapi kok kurang ya, soalnya kue bugis kan enak hi hi hi. Jadi pengen buat sendiri deh di rumah. Tentu aja sebelumnya pesan daun pisang, santan, dan kelapa parut dulu ke tukang sayur.

Thursday, October 27, 2016

Puff Pastry Apple Pie

4:21:00 AM
Puff Pastry Apple Pie

Mumpung masih punya selembar kulit puff pastry siap pakai jadi mau nyobain apple pie ala ala yang dijual di fast food resto. Saya sendiri sih belum nyicipin yang aslinya bagaimana. Ada yang bilang pakai kulit puff pastry ada yang bilang bukan. Selain itu juga kabarnya sih apple pienya digoreng bukan dipanggang dengan oven. Mungkin ada yang mau berbaik hari mengirimkan testernya ke saya? Hi hi hi. Sementara belum nyobain si apple pie yang dimaksud, manfaatkan kulit puff pastry yang ada saja ya. 

Wednesday, October 26, 2016

Bolu Pisang Ketan Hitam (No Mixer No Oven)

1:30:00 AM
Bolu Pisang Ketan Hitam (No Mixer No Oven)

Nggak sengaja menghapus foto di handphone sementara tidak ada backupnya di laptop itu rasanya nyesek yaaaa. Hari Minggu lalu sebelum saya pergi ke acara Talkshow ASI yang diselenggarakan oleh AIMI Lampung pagi harinya saya sempatkan untuk bikin camilan dulu. Setelah camilannya jadi as usual jeprat-jepret untuk keperluan dokumentasi dan untuk diupload di blog. Saya memang sengaja membuat blog khusus resep-resep yang pernah dicoba supaya di kemudian hari mudah mencari resepnya kalau ingin membuatnya lagi. Saya kurang betah si nyatat resep di buku he he. 

Sayangnya sebagian besar foto yang saya ambil hari itu tidak sengaja terhapus. Termasuk foto camilan dan foto liputan acara talkshow tersebut hu hu. Untunglah masih ada sisa foto di handphone jadi saya sedikit terhibur deh. Soalnya sudah saya coba pulihkan datanya dengan menggunakan beberapa aplikasi tapi tidak berhasil. Yah relakan saja deh, yang penting masih ada foto tersisa untuk membuat postingan ini he he.

Tuesday, October 25, 2016

Kwetiaw Goreng Spesial

3:46:00 AM
Kwetiaw Goreng Spesial

Dulu saya pernah share resep Kwetiaw Goreng di blog saya yang isinya campur-campur. Sekarang mau share resep kwetiaw lagi tapi dengan bumbu yang lebih spesial. Karena sudah punya blog baru yang isinya khusus tentang resep-resep masakan, jadi ya share di sinilah he he.

Monday, October 24, 2016

Tempe Krispi

3:27:00 AM
Tempe Krispi

Bosan kalau tempenya cuma digoreng biasa saja? Kalau tempenya digoreng tepung juga nggak mau? Sudah coba kreasi Nugget Tempe belum? Tapi kalau mau yang lebih praktis dan cepat dimasak di pagi hari, coba bikin Tempe Krispi deh.

Sunday, October 23, 2016

Tumis Kembang Kol

3:08:00 AM
Resep Tumis Kembang Kol

Ada yang suka makan kembang kol atau kembang kubis? Banyak lho manfaatnya untuk kesehatan. Misalnya untuk mencegah sembelit, menguatkan tulang, memelihara kesehatan selama kehamilan, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain dijadikan salah satu bahan dalam membuat sup, kembang kol enak juga kalau dimasak dengan cara ditumis.

Saturday, October 22, 2016

Tahu Kukus Kembang Sosis

2:38:00 AM
Resep Tahu Kukus Kembang Sosis

Kalau bosan makan tahu cuma digoreng biasa aja. Coba sekali-kali dikukus deh tahunya. Kalau mau dijadikan bekal anak supaya tampilannya lebih lucu bisa juga diberi kembang atau bunga dari sosis seperti ini.

Friday, October 21, 2016

Soun Goreng Ala Korea

4:44:00 AM
Soun Goreng Ala Korea

Beberapa waktu lalu saya dan keluarga kembali mencicipi menu di tempat makan yang menjual masakan khas Korea. Sengaja pilih-pilih menu lain yang belum pernah kami makan sebelumnya. Salah satunya adalah Japchae. Japchae adalah soun goreng khas Korea yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Jenis sayuran yang dipakai misalnya wortel, bawang bombay, cabai. Selain daging sapi digunakan juga jamur sebagai pelengkap. 

Thursday, October 20, 2016

Nugget Tempe

3:33:00 AM
Nugget Tempe


Selain membuat Nugget Ayam, sekali-kali buat nugget dari bahan lain yuk misalnya tempe. Memangnya tempet bisa dimasak jadi nugget? Bisa dong.

Monday, October 17, 2016

Bolu Pisang Cokelat Mini (Tanpa Mixer Tanpa Oven)

8:13:00 AM
Bolu Pisang Cokelat Mini Tanpa Mixer Tanpa Oven

Pisang jadi satu-satunya buah yang Rayyaan suka saat ini. Entah kenapa ya kok jadi ogah-ogahan kalau diajak makan buah lain. Padahal dulu setiap buah yang disodorkan untuk dimakan Rayyaan pasti doyan. Buah pisang yang paling Rayyaan suka adalah pisang Ambon putih alias pisang cavendish. Tapi kalau pisangnya sudah terlalu empuk dan lembut dia juga kurang suka sih, Nah pas di supermarket terdekat stok pisang menipis. Beli beberapa buah tapi ada dua buah yang saat mau dimakan kok sudah empuk sekali. Akhirnya kedua buah pisang inipun diubah jadi Bolu Pisang Cokelat Mini yang dibuat tanpa mixer dan tanpa oven.

Friday, October 14, 2016

Puff Cheese Stick

3:42:00 AM

Thursday, October 13, 2016

Bancris - Banana Crispy

10:18:00 AM
Bancris - Banana Crispy

Mumpung masih punya kulit puff pastry siap pakai saya mau nyobain bikin Bancris alias Banana Crispy ah. Belakangan ini bancris juga banyak dijual sebagai oleh-oleh khas Lampung lho selain keripik pisang. Membuatnya nggak sulit, yang penting harus punya cetakan berbentuk pisang seperti ini ya. Biasanya cetakan ini bisa ditemukan dalam 3 ukuran: besar, sedang, dan kecil. Bancris yang pernah saya beli dicetak dengan cetakan ukuran besar. Sementara cetakan milik saya adalah cetakan berukuran sedang. Kalau pakai cetakan mini ukuran bancrisnya nanti terlalu kecil, kurang marem dimakan he he.

Wednesday, October 12, 2016

Pisang Bolen

3:01:00 PM
Pisang Bolen

Soreeee. Mau ngemil apa hari ini? Bikin Pisang Bolen yuk. Terakhir saya buat pisang bolen adalah saat Idul Adha lalu. Beberapa kali membuat pisang bolen saya masih setia ngulen kulitnya dari awal. Butuh waktu lebih lama sih tapi sebenarnya nggak susah kok membuatnya. Tapi pas kemarin mampir ke supermarket di dekat rumah dan melihat ada kulit puff pastry siap pakai saya jadi penasaran. Beli aaah. Mau nyobain bikin pisang bolen pakai kulit puff pastry yang sudah jadi.

Tuesday, October 11, 2016

Nugget Ayam

3:00:00 AM
Nugget Ayam

Di pagi hari yang riweh pengen bikin Nugget Ayam? Keburu nggak ya? Keburu kok, soalnya bahan yang dipakai juga nggak banyak he he. Jadi ceritanya nih belum ada ide mau nyiapin bekal apa untuk si Papa dan di kulkas masih ada daging ayam giling. Ya udah deh diolah aja jadi nugget, bikinnya ngebut but but. Untung deh masih punya sedikit tepung panir juga di rumah. Mari eksekusi semua bahan-bahannya.

Sunday, October 9, 2016

Es Kopyor Nutrijell

9:59:00 PM
Resep Es Kopyor Nutrijell

Saat siang hari terasa panas, maka yang enak adalah nyeruput minuman dingin, iya nggak? Minum apa ya enaknya? Es kopyor pakai sirup? Hmm tapi nyari kelapa kopyor di mana? Eh kita bikin es kelapa kopyor imitasi aja yuk pakai Resep Es Kopyor Nutrijell.

Friday, October 7, 2016

Pepes Oncom

5:00:00 AM
Resep Pepes Oncom

Kalau belum bisa move on dari pepes nggak apa-apa yaaaa? He he. Ada satu lagi nih yang wajib dicoba: Resep Pepes Oncom. "Oncom /ɒnˈtʃɒm/ is one of the traditional staple foods of West Javan (Sundanese) cuisine, Indonesia. There are two kinds of oncom: red oncom and black oncom. Oncom is closely related to tempeh; both are foods fermented using mold."  Wikipedia. Wuih apa sih artinya? Kurang lebih sih artinya oncom adalah salah satu makan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Ada dua jenis oncom yaitu oncom merah dan oncom hitam. Yang banyak dijual di Bandar Lampung sih oncom merah. Saya malah belum pernah langsung seperti apa oncom hitam.

Meski harganya murah meriah tapi oncom enak digoreng tepung, dimasak menjadi oseng-oseng (apalagi kalau pedas), dan dibuat menjadi isian combro/comro (oncom dijero). Ternyata nggak semua daerah ada produsen oncom ya. Jadi dulu di Manado sempat kangen makan oncom tapi nyari di pasar kok nggak ada he he. Yang nggak kalah enak itu oncom dibuat jadi pepes. Nggak percaya? Cobain deh!

Wednesday, October 5, 2016

Pepes Teri Tomat

2:13:00 AM
Resep Pepes Teri Tomat

Setelah beberapa waktu lalu membuat Pepes Tahu Teri Medan, jadi kepingin membuat pepes-pepesan lagi nih, tapi pakai ikan. Mumpung masih ada daun pisang di rumah. Ikannya ikan apa ya? Ikan teri aja deh tapi teri yang besar, bukan teri imut-imut macam teri Medan. Kenapa memilih ikan teri? Supaya nggak repot ngotak-ngatik tulang ikannya saat makan he he. 

Monday, October 3, 2016

Gado-Gado dengan Bumbu Pecel Instan Homemade

2:37:00 AM
Gado-Gado dengan Bumbu Pecel Instan Homemade

Siapa yang suka gado-gado? Saya suka-saya suka! Sama seperti makan pecel, makan gado-gado itu cara asyik makan sayuran. Enaknya punya stok Bumbu Pecel Siap Pakai (Homemade), kalau mau bikin gado-gado nggak perlu repot-repot ngulek setiap mau makan, tinggal siapkan bahan-bahan lain lalu ambil stok bumbu dari kulkas. Jadi deh Gado-Gado dengan Bumbu Pecel Instan Homemade.

Sunday, October 2, 2016

Sate Daging Sapi

3:27:00 AM
Sate Daging Sapi

Masih dalam rangka ngubek isi freezer dan masih ada seuprit daging sapi. Si Papa request ada yang dijadikan sate (sebagian jadi Beef Bulgogi). Yah walau cuma 150 gram daging jadilah ya yang he he. Saya nggak sempat banyak mikir mau dibumbuin apa nih dagingnya. Jadi buat saja bumbu seperti bumbu ungkep ayam, campur dengan daging sapi, simpan di kulkas, dan malam harinya baru deh dipanggang.

Saturday, October 1, 2016

Pepes Tahu Teri Medan

2:15:00 AM
Pepes Tahu Teri Medan.

Sekali-kali mau bawain pepes untuk bekal makan siang Papanya Rayyaan. Pepes ikan? Nggak sih, yang lebih simpel aja, Pepes Tahu Teri Medan. Lebih praktis dibuat di pagi hari he he. Demi niat bikin pepes saya sengaja pesan daun pisang ke tukang sayur. Ya, nggak seperti saya kecil dulu yang mudah saja kalau mau cari-cari daun pisang. Di samping rumah ada pohon pisang, minta ke tetangga juga bisa. Sekarang sih kalau nggak pesan dulu sama tukang sayur, mau nyari di mana? He he. Setelah semua bahan dan yang diperlukan lengkap, bikin yuk pepesnya.