Friday, October 7, 2016

Pepes Oncom

Resep Pepes Oncom

Kalau belum bisa move on dari pepes nggak apa-apa yaaaa? He he. Ada satu lagi nih yang wajib dicoba: Resep Pepes Oncom. "Oncom /ɒnˈtʃɒm/ is one of the traditional staple foods of West Javan (Sundanese) cuisine, Indonesia. There are two kinds of oncom: red oncom and black oncom. Oncom is closely related to tempeh; both are foods fermented using mold."  Wikipedia. Wuih apa sih artinya? Kurang lebih sih artinya oncom adalah salah satu makan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Ada dua jenis oncom yaitu oncom merah dan oncom hitam. Yang banyak dijual di Bandar Lampung sih oncom merah. Saya malah belum pernah langsung seperti apa oncom hitam.

Meski harganya murah meriah tapi oncom enak digoreng tepung, dimasak menjadi oseng-oseng (apalagi kalau pedas), dan dibuat menjadi isian combro/comro (oncom dijero). Ternyata nggak semua daerah ada produsen oncom ya. Jadi dulu di Manado sempat kangen makan oncom tapi nyari di pasar kok nggak ada he he. Yang nggak kalah enak itu oncom dibuat jadi pepes. Nggak percaya? Cobain deh!


Bahan:

1. 300 gram oncom, cincang kasar.
2. 1 ikat kemangi, petik daunnya.
3. 4 lembar daun salam.
4. Minyak untuk menumis.
5. 3 cm lengkuas, iris tipis.
6. Garam secukupnya.
7. Gula merah secukupnya.

Baca: Resep Pepes Teri Tomat.

Bumbu halus:

1. 3 siung bawang merah.
2. 2 siung bawang putih.
3. 3 buah cabai merah.
4. 5 buah cabai rawit.
5. 2 cm kencur.

Bahan pembungkus:

1. Daun pisang.
2. Lidi/tusuk gigi.

Baca: Resep Gado-Gado dengan Bumbu Pecel Instan Homemade.

Daun pisangnya belum dibuka tapi aromanya sudah menggoda.

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, dan lengkuas.
2. Masukkan oncom, aduk rata, tambahkan garam, dan gula merah. 
3. Masukkan daun kemangi, aduk rata, masak oncom hingga matang.
4. Siapkan daun pisang, beri adonan pepes oncom, sertakan juga daun salamnya masing-masing selembar untuk sebungkus pepes.
5. Panggang pepes oncom dengan wajan yang sudah diolesi sedikit minyak.
6. Panaskan hingga daun pisangnya berwarna kecoklatan dan aroma pepes lebih harum.
7. Pepes oncom siap disajikan.

Baca: Resep Sate Daging Sapi.

Cicipin yuuuuk!

Rasanya bagaimana? Nagih bangeeeeet!!! Ternyata oncom kalau dibuat pepes tuh enaaaak! Bikin pengen nambah nasi deh he he. Apalagi pepesnya agak pedas karena di bumbu halusnya ada cabai merah dan cabai rawit, sesuai selera banget deh. Cocok juga buat referensi menu saat sedang berhemat hi hi. Pepes Oncom bahan-bahannya terjangkau kantong tapi rasanya sedap.

Baca: Resep Pepes Teri Tahu Medan.

Bahan nggak bikin kantong bolong tapi rasanya sippppp.

3 comments:

  1. Wah kebetulan saya belum pernah nih makan pepes oncom hehe.
    Pengen nyoba bikin ah, sepertinya enak banget :)

    ReplyDelete
  2. Aaaa, jadi pingin mepes oncom :-*

    ReplyDelete
  3. Mbak, aku penasaran sama oncom itu rasanya bagaimana ya? aku orang Madura jadi nggak tahu oncom itu seperti apa dan rasanya gimana? hihihi. Tapi kalau dilihat dari fotonya enak banget sih.

    ReplyDelete