Thursday, July 20, 2017

Anyang-anyangan Hilang, Masakpun Tenang Berkat Ekstrak Cranberry

Anyang-anyangan Hilang, Masakpun Tenang Berkat Ekstrak Cranberry
Pic: Pixabay

Sedang asyik di dapur mencoba berbagai resep masakan untuk keluarga membuat lupa waktu bahkan sampai menahan BAK (buang air kecil)? Hati-hati ya, Mommies. Sering menahan BAK bisa mengakibatkan anyang-anyangan lho. Anyang-anyangan ternyata bukan hanya sekedar susah BAK. Anyang-anyangan merupakan infeksi saluran kemih (ISK) yang kalau tidak ditangani bisa berakibat fatal. Apalagi wanita lebih mudah terkena anyang-anyangan karena saluran kemihnya lebih pendek dibanding milik laki-laki, jadi bakteri lebih mudah mencapai dan menginfeksi kandung kemih wanita.

Bayangkan deh saat sedang masak, sedikit-sedikit ingin BAK. Jadi tidak tenang ya? Dan ini hanya efek paling 'ringan' dari anyang-anyangan. Efek lainnya bisa berupa nyeri pada panggul, BAK disertai nyeri, urin kental dan berbau menyengat, merasa lelah dan kurang sehat, hingga mual dan demam. Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan bisa menyebabkan ginjal kita terkena infeksi. Selain itu anyang-anyangan yang dialami oleh ibu hamil jika tidak segera diatasi bisa berakibat tidak baik bagi bayi dalam kandungan. Resiko bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah dapat meningkat akibat anyang-anyangan.

Lalu apakah anyang-anyangan tidak bisa dicegah? Bisa. Karena 80% anyang-anyangan terjadi karena infeksi bakteri E coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Jadi kita bisa mencegahnya dengan menggunakan toilet dan air yang bersih, membasuh dari depan ke belakang saat BAB atau BAK, ganti pakaian dalam secara berkala, banyak mengonsumsi air putih, serta hindari minuman beralkohol dan kurangi minuman berkafein. Istirahat yang cukup dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga berlebihan juga bisa mencegah anyang-anyangan.

Pic: uricran.co.id

Untuk mencegah dan menangani anyang-anyangan, kita juga bisa mengonsumi jus buah cranberry. Kandungan proantocyanidin dalam buah cranberry bisa mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih. Sayangnya sulit menemukan buah ini di Indonesia karena bukan merupakan buah lokal dan harganya juga cukup mahal. Namun kini ada Prive Uricran yang mengandung ekstrak buah cranberry dan tersedia dalam bentuk kapsul dan serbuk (dalam sachet) yang praktis dikonsumsi.

Pic: uricran.co.id

Prive Uri-cran sachet selain mengandung ekstrak cranberry juga mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus achidopillus dan Bifidobacterium bifidum yang bisa memperkecil kesempatan bakteri merugikan untuk hidup. Selain itu Prive Uri-cran tidak menimbulkan resistensi seperti yang bisa terjadi dengan pengobatan anyang-anyangan menggunakan antibiotik.

Pic: uricran.co.id

Prive Uri-cran bisa dibeli di Century, Guardian, Watsons, Kimia Farma, Viva Health, dan apotek lainnya dengan harga Rp 48.000/strip berisi 10 kapsul Prive Uri-cran dan Rp 7.500/sachet Prive Uri-cran Plus untuk yang serbuk. Dosis yang dianjurkan adalah 1-2 kapsul atau sachet per hari untuk mengatasi anyang-anyangan. Dengan Prive Uri-cran, anyang-anyangan hilang dan masakpun tenang.

No comments:

Post a Comment