Sunday, September 23, 2018

Menilik 3 Hal yang Menjadi Penyebab Kehamilan Ektopik


Istilah ektopik dalam dunia medis merujuk pada kondisi kehamilan di luar kandungan dan penyebab hamil di luar kandungan ini ternyata beragam. Meskipun kasus kehamilan cukup beragam namun kondisi kehamilan ektopik ini perlu diakui lumayan sering dirasakan oleh kaum hawa.


Kondisi ini terjadi karena sel telur yang sudah dibuahi menempel tidak pada tempatnya, dan paling sering di saluran falopi. Kondisi abnormal ini tentu saja membahayakan si ibu yang tengah hamil sehingga akan dilakukan tindakan kuret atau operasi. 

Apa Saja Peyebab Kehamilan Ektopik? 


Apabila dokter mendiagnosa terjadi kehamilan ektopik maka ikuti saran dokter untuk tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Dalam kasus ini penyebabnya beragam, paling sering adalah: 

Infeksi pada Saluran Falopi


Infeksi bisa terjadi di saluran falopi dan kondisi ini disebut sebagai penyebab utama kondisi kehamilan ektopik. Saat tanya dokter mengenai penyebab ini maka biasanya akan disebutkan adanya infeksi dari kuman dan bakteri penyakit menular secara seksual. Sehingga usahakan selama ini setia dengan satu pasangan supaya memperkecil resiko saluran falopi mengalami infeksi dan menyebabkan radang panggul dengan resiko kehamilan ektopik. 

Pernah Operasi di Saluran Falopi


Dalam kasus tertentu khususnya pada pasangan yang sulit memiliki keturunan akan menjalani berbagai program kehamilan dari dokter maupun alami. Apabila dalam masa promil tersebut pernah dilakukan operasi di saluran falopi maka resiko terjadinya pelengketan sel telur di saluran ini semakin tinggi. Sehingga kehamilan ektopik memang rawan dialami oleh pasangan yang menjalani program kesuburan tertentu, sehingga konsultasikan dengan dokter mengenai segala resiko atas tindakan yang dilakukan. 

Aktif Merokok


Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Udiburg diketahui bahwa wanita yag aktif merokok berpotensi meningkatkan produksi protein PROKR1. Protein jenis ini biasanya membuat saluran falopi mengalami pelengketan sehingga sel telur mudah menempel dan terjadilah kehamilan ektopik.


Maka penting untuk para wanita agar menghindari kebiasaan merokok bahkan menjadi perokok pasif sekalipun. Oleh sebab itu tetaplah hidup sehat agar kehamilan Anda pun senantiasa sehat. 

No comments:

Post a Comment